Kumpulan Doa saat Galau dan untuk Melupakan Seseorang

Sebagai seorang muslim kita diharuskan selalu berdoa dalam berbagai aktivitas sehari-hari. Karena bagaimanapun berdoa menjadi sarana kita untuk berkomunikasi dengan Allah dan memohon pertolongannya.

Bicara soal doa dalam kesempatan kali ini akan coba memberikan kumpulan doa-doa sebagai berikut ini:

  1. Doa Ziarah Kubur

Adapun lafaz doa ziarah kuburadalah sebagai berikut:

Assalamu ‘allaikum dara qaumin mu’munin wa atakum ma tu;adun ghadan mu’ajjalun, wa inna insya Allahu bikum lahiqum.

Artinya : “Assalamualaikum, hai tempat bersemayam kaum mukmin. Telah datang kepada kalian janji Allah yang sempat ditangguhkan besok, dan kami Insya Allah akan menyusul kalian.”

  • Allahumma waffir hadzdzi minan nawaafill wa akrimni fihi bihdhaaril masaaili wa qarrib fihi wasilati ilayka min baynil wassili yaa man laa yasyghaluhu ilhaahul mulihhina.

Artinya : “Ya Allah, sempurnakanlah hidupku dengan melaksanakan amalan-amalan sunnah, dan muliakanlah aku dengan terkabulnya semua permintaan. Dekatkanlah aku kepada-Mu dengan berbagai jalan, wahai Yang tidak sibuk dengan rintihan orang yang meminta.”

2. Doa Hari Jumat

“Allaahumma tsabbitnii ‘alaa diinika maa ahyaytanii walaa tuzigh qalbii ba’da idz hadaytani wa bahli milladunka rahmatan innaka Antal Wahhaab shalli ‘alaa muhammadin wa ‘alaa aali muhammad, waj’alnii min atbaaihi wa syi’atihi wahsyumii fi zumratihi fihaa minath thaa’aati wa qasamta liahlihaa minal ‘athaai fi yaumil jazaa innaka Antal ‘Azizul Hakim.”

Artinya : “Ya (Tuhanku) Allah, teguhkanlah aku pada agama-Mu selama Kau hidupkan Aku. Janganlah gelincirkan hatiku setelah Engkau memberiku petunjuk, karuniakanlah padaku rahmat dari sisi-Mu, sungguh Engkau Maha Pemberi. Sampaikanlah sholawat kepada Muhammad dan keluarganya, jadikanlah aku dari pengikut dan golongannya, kumpulkan aku pada kelompoknya. Bimbinglah aku untuk melaksanakan kewajiban Jumat yang Kau wajibkan atasku untuk aku taati dan Kau bagikan karunia pada hari pembalasan pada orang yang layak menerimanya. Sungguh Engkaulah yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.”

Allahumma laa takhdzulni fihi lita’arrudhi ma’syiyatika wa laa tadhribni bisiyaathi naqimatika wa zahzihnii fihi min muujibaati sakhakatika bimantika wa ayaadiika yaa muntaha raghbatirraaghibin.

Artinya : “Ya Allah, janganlah Engkau hinakan aku di bulan ini karena perbuatan maksiatku terhadap-Mu, dan janganlah Engkau cambuk aku dengan cambuk balasan-Mu. Jauhkanlah aku dari hal-hal yang dapat menyebabkan kemurkaan-Mu, dengan kelembutan dan ketinggian rahmat-Mu, wahai pegangan terakhir orang-orang yang berkeinginan.”

Allahumma a’inni fihi ‘alaa syiyaamihi wa qiyaamihi wa jannibni fihi min hafawaatihi wa aatsaamihi warzuqni fihi dzikrika bidawaamihi bitaufiqika yaa haadiyal mudhillin.

Artinya : “Ya Allah, bantulah aku untuk berpuasa dan salat malam serta jauhkan aku dari kesia-kesiaan dan perbuatan dosa. Anugerahi aku di dalamnya dengan dawamnya ingat pada-Mu dengan taugik-Mu wahai yang menunjuki orang tersesat.”

Allahummaj’al shiyami dihi shiyamash shaimin, wa qiyami fihi qiyamal qaimin, wa nabbihni fihi ‘an nawamatil ghafillin, wa habli jurmi ya ilahal alamin, wa’fu ‘anni ya afiyan anil mujrimin.

Artinya :” Ya Allah, jadikanlah puasaku di bulan ini sebagai puasa orang-orang berpuasa sebenarnya, shalat malamku di dalamnya sebagai orang yang shalat malam sebenarnya, bangunkan daku di dalamnya dari tidurnya orang-orang yang lalai. Bebaskan aku dari dosa-dosaku wahai Tuhan semesta alam. Maafkan aku wahai Yang Memberi ampunan kepada orang-orang yang berbuat dosa.

Mungkin itu saja artikel kali ini tentang kumpulan doa-doa semoga ada guna dan manfaatnya bagi kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *