Paranet Surabaya Terbaru November 2021 - Harga Murah & Gratis Ongkir |  Blibli
source gambar : blibli.com

Aglaonema adalah tanaman hias yang memerlukan perawatan tepat. Berikut adalah tips untuk merawat tanaman yang juga terkenal sebagai simbol keberuntungan.

Aglaonema, atau orang Indonesia lebih mengenalnya dengan nama sri rejeki. Tanaman yang beken di antara para penggemar tanaman hias. Banyak tumbuh di Asia Tenggara, khususnya Indonesia, Malaysia, dan Thailand.

Eksistensi tanaman ini tentunya tidak asing untuk Anda. Selain karena indah, masyarakat juga memiliki anggapan jika tanaman sri rejeki adalah simbol keberuntungan. Sehingga banyak orang yang tertarik untuk menjadikannya hiasan rumah.

Seperti tanaman hias lainnya, sri rejeki juga memerlukan perawatan yang tepat. Meskipun tanaman ini cenderung mudah untuk dipelihara, namun tetap saja, perawatan yang salah bisa berakibat fatal.

Berikut adalah beberapa tips untuk merawat aglaonema kesayangan Anda :

  1. Pencahayaan

Sri rejeki bukanlah tanaman yang menyukai sinar matahari langsung. Maka dari itu, Anda bisa menempatkannya di tempat yang teduh seperti dekat di jendela. Hindari untuk menjemurnya tepat di bawah sinar matahari.

  1. Suhu

Berasal dari hutan tropis dan subtropis, sri rejeki tidak bisa bertahan hidup di suhu dingin. Karenanya, pastikan jika suhu ruangan tidak kurang dari 15°C.

  1. Penyiraman

Seperti di habitatnya, tanaman sri rejeki memerlukan kelembaban yang cukup. Tidak terlalu kering, namun juga tidak terlalu basah. Anda cukup menyiramnya dua kali setiap satu minggu.

  1. Beri vitamin B1

Vitamin B1 bermanfaat sebagai pemberi nutrisi pada tanaman. Dengan memberi vitamin B1, tanaman sri rejeki Anda akan terlihat lebih segar dan tumbuh dengan subur. Anda bisa menyemprotkan air cucian beras, karena air tersebut  memiliki kandungan vitamin B1 yang besar.

  1. Pemangkasan

Tanaman sri rejeki perlu Anda pangkas dengan rutin. Selain untuk kepentingan estetika, hal ini juga dilakukan agar tidak menghambat pertumbuhan tanaman. Segera singkirkan daun layu atau rusak. Penting juga untuk Anda segera memisahkan tunas dari induknya.

  1. Pembasmian Hama

Anda bisa menghindari hama dengan menjaga kebersihan tanaman. Namun, jika hama tersebut sudah terlanjur menyerang tanaman Anda, maka Anda bisa menyemprotkan pestisida dengan dosis ringan secukupnya.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk merawat aglaonema milik Anda. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *