Waspada Jebakan Pinjol Ilegal, Ini 7 Ciri-Cirinya! - Finansial Bisnis.com

Pinjaman tunai bunga rendah dan mudah memang cukup menggiurkan siapapun, tetapi bisa saja mencekik jika tidak paham cara main serta tidak mengukur kemampuan finansial diri sendiri. Jika sudah terlanjur terjerat utang pinjaman online, lakukan cara yang tepat untuk melunasinya.

Pinjaman tunai bunga rendah dan mudah ibarat oase di tengah padang pasir bagi orang yang butuh dana. Persyaratan untuk mengajukan pinjaman yang lebih mudah membuatnya semakin menarik. Bahkan, pinjaman dapat diajukan tanpa agunan atau jaminan.

Tetapi, mengajukan pinjaman online tidak boleh sembarangan. Bunga yang relatif lebih tinggi dari pinjaman konvensional akan membuat peminjam merasa tercekik ketika hendak membayar. Terlebih jika terjerat pinjaman online ilegal dengan bunga yang tidak masuk akal. 

Jika sudah terlanjur tercekik oleh utang pinjol, cara terbebas dari utang pinjaman online berikut bisa dicoba.

Buat Catatan Utang

Membuat catatan daftar utang penting dalam membantu melunasi utang kamu. Catatan itu dapat berisi besarnya pokok pinjaman, tenor, bunga, dan tenggat pembayaran. Kamu akan melihat mana utang yang pokok pinjamannya paling besar maupun yang bunganya paling tinggi.

Setelah melihat informasi detail mengenai semua utang, kamu pun akan lebih mudah menentukan strategi untuk melunasinya. 

Dari catatan itu, kamu bisa mendapat gambaran mengenai utang yang mana yang sebaiknya dilunasi lebih dulu. Besarnya pengeluaran rutin yang perlu ditekan juga bisa kamu pertimbangkan berdasarkan catatan tersebut. 

Hindari Pinjaman Baru

Salah satu penyebab orang terjerat utang terus-menerus adalah mencoba mengajukan pinjaman baru sebelum utang lama lunas. Pinjaman dengan bunga yang tinggi pun diambil. Entah dipakai untuk melunasi utang sebelumnya, atau karena kebiasaan konsumtif.

Mengambil pinjaman baru sebelum yang lama lunas perlu dihindari. Lebih lagi, jika bunga pinjamannya tinggi, utang akan makin besar dan sulit dilunasi. 

Jika terpaksa melunasi utang sebelumnya dengan utang, maka lebih baik mengambil pinjaman tanpa bunga. Dengan meminjam ke kenalan atau keluarga, misalnya. Namun perlu diingat, kamu harus berkomitmen segera melunasi utang tadi agar hubungan tidak semakin renggang.

Alternatif lain adalah meminjam lewat pinjaman tunai bunga rendah dan mudah yang diawasi oleh OJK seperti Kredifazz. Bunga pinjamannya hanya 0,3% per hari. Jauh dibawah standar yang ditetapkan oleh AFPI sebesar 0,8% per hari. Sementara pinjaman online ilegal ada yang sampai menetapkan bunga 1% per hari. 

Syarat melakukan pendaftaran lewat Kredifazz sangat mudah. Berusia 18-60 tahun, punya KTP dan memiliki penghasilan tetap minimal Rp3 juta per bulan. Tenornya ada yang 3 bulan dan 6 bulan dengan maksimal pinjaman sebesar Rp3 juta. 

Atur Keuangan

Agar cepat bebas dari jeratan utang pinjaman online ilegal, kamu perlu mengatur keuangan dengan baik. Kamu bisa memanfaatkan catatan daftar utang yang telah dibuat. Kemudian, prioritaskan pengeluaran untuk melunasi utang.

Kamu bisa memilih untuk membayar semua akun dengan pembayaran minimum. Atau, bisa juga dengan berfokus pada utang yang nominalnya paling kecil. 

Pengeluaran yang bersifat konsumtif seperti hangout di cafe juga perlu dikurangi. Dengan begini, kamu akan memiliki lebih banyak dana untuk membayar utang. Tetapi, jangan sampai mengorbankan kebutuhan, ya.

Tambah Pemasukan

Salah satu cara agar lebih cepat bebas dari jeratan pinjaman online ilegal adalah dengan menambah pemasukan. Dengan mendapatkan lebih banyak aliran dana, kamu bisa menggunakannya untuk membayar cicilan.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menambah pemasukan. Kamu bisa mencari pekerjaan sampingan seperti, menjual pulsa, makanan, atau yang lain. Atau kamu juga bisa mencoba pekerjaan lepas sesuai bakat.

Yang paling penting, pekerjaan ini dilakukan tanpa mengganggu pekerjaan utama.

Komitmen untuk Melunasi Utang

Komitmen untuk melunasi utang sebenarnya harus sudah ada ketika memutuskan untuk mengambil pinjaman. 

Kamu sepatutnya telah paham konsekuensi jika sampai tidak melunasi utang sesuai ketentuan. Kamu harus siap mengalami penurunan skor kredit, membayar denda, hingga berhadapan dengan penagih utang.

Jika mengalami keberatan ketika proses melunasi utang, jangan ragu untuk berkomunikasi dengan pemberi pinjaman. Kamu juga bisa meminta keringanan kepada mereka. Yang terpenting, jangan mencoba untuk lari dari tanggung jawab melunasi utang, ya. 

Itulah cara agar terlepas dari utang pinjaman online ilegal. Agar tidak terjebak pinjaman online ilegal lagi, kamu perlu menjadikan pengalaman sebagai pelajaran berharga. Dengan begitu, pengalaman buruk yang kedua kali akibat gagal bayar bisa dihindari.

Untuk kedepannya, kamu perlu mempertimbangkan dengan matang sebelum mengajukan pinjol ilegal. Pikirkan konsekuensinya, dan seberapa butuhnya kamu akan pinjaman tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *