https://lh3.googleusercontent.com/KRybLFM9VK5GpZYvZI9-QubAqmpFkIE-bzFY0RHwbCKaK6DZBi0WD8qFYOYg8P76gnoq_h31vAk7X9mNgySebDHQU9z7VUO7CvKQ4-NhQWQwRlWBQR4ak6khBC7j-sDK47fmjQXF

Di jaman sekarang, bukan cuma fintech aja yang bersaing menawarkan pinjaman uang online terbaik buat masyarakat. Banyak juga e-commerce yang kini mulai melebarkan sayap menyediakan produk pinjaman uang online pada platformnya. Contohnya Tokopedia. Banyak orang termasuk saya mungkin udah tahu kalau fintech Kredivo menawarkan akses kredit instan sekaligus pinjaman uang online. Tapi, seberapa banyak yang udah tahu atau aware kalau kini Tokopedia punya produk pinjaman?

Nah, saya termasuk yang surprise. Karena lumayan sering belanja di Tokopedia, saya jadi lihat produk pinjaman uang online udah available di Tokopedia. Oh iya, Tokopedia ini adalah salah satu partner e-commerce dari Kredivo. Pas belanja di Tokopedia, saya biasanya pake Kredivo buat metode pembayaran. Entah itu yang bayar 30 hari tanpa bunga, sampai yang cicilan 3/6/12 bulan. 

Berhubung Kredivo juga punya fitur pinjaman uang online di aplikasinya, saya jadi iseng membandingkan. Apa sih bedanya pinjaman uang online di Kredivo sama Tokopedia? Mana yang lebih gampang? Mana yang suku bunganya paling oke?

Jenis Pinjaman Uang Online di Kredivo vs Tokopedia

Di Kredivo, kita bisa pilih fitur pinjaman sesuai kebutuhan. Kalau nominalnya kecil, pake fitur pinjaman mini yang minimal pengajuannya mulai dari 500 ribu dengan tenor maks. 30 hari. Kalau nominal yang dibutuhkan besar, pilih fitur pinjaman jumbo yang minimal pengajuannya mulai dari Rp 1 juta dengan tenor 3/6 bulan. Jumlah pinjaman yang bisa kita ajuin bergantung dengan limit yang kita miliki di akun Kredivo. Jadi, saat daftar akun Kredivo dan disetujui, kita bakal menerima sejumlah limit kredit yang berbentuk nontunai (maksimal s.d Rp 30 juta). Selain bisa dipake buat transaksi dan cicilan di e-commerce dan merchant, limit ini juga bisa kita cairkan jadi pinjaman di Kredivo. 

Di Tokopedia, ada dua jenis pinjaman yang tersedia: pinjaman online dan dana instan. Di kategori pinjaman online, ada 8 opsi pinjaman: Pinjaman Agunan BPKB, Pinjaman Karyawan, Pinjaman KTA Tanpa CC, Pinjaman Pendidikan, Pinjaman Pribadi, Pinjaman Bebas BI Checking, Pinjaman Non Bank, dan Pinjaman Modal Usaha. Untuk menyelenggarakan opsi pinjaman ini, Tokopedia bermitra dengan BFI Finance, Julo, dan Adira Finance. Untuk kategori ini, limit pinjaman yang tersedia mulai dari Rp 1 juta sampai Rp 500 juta. Opsi tenornya mulai dari 1 bulan sampai 72 bulan (6 tahun). 

Sedangkan untuk kategori dana instan, adalah pinjaman tunai yang disediakan Tokopedia sebagai alternatif sumber dana darurat bagi penggunanya. Di kategori ini, pengguna bisa pinjam dana mulai dari Rp 600 ribu sampai Rp 2,4 juta. Tenor yang tersedia adalah 2 – 3 bulan. Untuk dana instan, Tokopedia bermitra dengan fintech Kredit Pintar, Solusiku, dan Tunai Kita. Beda dengan pinjaman online yang waktu pemrosesannya memakan 3 x 24 jam, dana instan Tokopedia diklaim bisa cair dalam waktu 1 menit hingga 24 jam. Jangan khawatir, semua mitra penyedia pinjaman di Tokopedia sudah terdaftar & memiliki izin di Kredivo. Sama halnya dengan Kredivo sebagai fintech kredit dan pinjaman uang online yang sudah terdaftar di OJK sejak awal tahun 2018. 

Suku Bunga Pinjaman Uang Online di Kredivo vs Tokopedia

Yang bikin pinjaman uang online di Kredivo istimewa salah satunya adalah suku bunganya yang mantap karena lebih rendah dibanding fintech lain yang rata-rata mematok suku bunga harian maks. 1%. Sementara suku bunga pinjaman di Kredivo cuma 2,6% per bulan dengan biaya admin sebesar 6% dari total pinjaman yang kita ajuin. 

Contohnya, saya pernah pinjam sebesar Rp 1 juta di Kredivo buat tempo 30 hari. Total pinjaman yang saya harus bayar/kembalikan adalah Rp1.026.000 (sudah termasuk bunga 2,6%). Sementara biaya adminnya sebesar 6% atau Rp60.000. Jadi, total pinjaman bersih yang saya terima adalah Rp940.000. Yang lebih menarik, pinjaman saya bisa cair cuma dalam waktu beberapa jam aja sejak saya terima notif kalau pinjaman disetujui. Buat kebutuhan darurat, pinjaman di Kredivo bisa jadi penyelamat!

Di Tokopedia, suku bunga untuk kategori pinjaman online akan berbeda-beda sesuai dengan jenis pinjaman yang diajuin, limit pinjaman, dan tenor pinjaman. Sementara buat kategori dana instan, suku bunganya tertera mulai Rp 105 ribu sampai Rp 378 ribu atau kurang lebih sekitar 1% per hari. 

Cara Pengajuan Pinjaman Uang Online di Kredivo vs Tokopedia

Sebelum bisa ngajuin pinjaman di Kredivo, kita wajib terdaftar dan punya akun dulu. Kalau udah punya akun, otomatis punya limit. Baru setelah itu, fitur pinjaman mini atau pinjaman jumbo bisa digunakan. Nggak sampe 5 menit buat isi form pinjaman, submit, pinjaman langsung diproses. Cara daftar akun Kredivo-nya gimana? Pastiin dulu kalau kita udah memenuhi tiga syarat berikut: 

  1. Berstatus sebagai Warga Negara Indonesia (WNI). 
  2. Berusia antara 18 sampai 60 tahun. 
  3. Berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon.

Setelah itu, kita bisa langsung download aplikasi Kredivo di Google Play Store atau App Store untuk daftar. Pilih akun Basic/akun Premium dan unggah dokumen yang dibutuhkan, antara lain: 

  1. Foto KTP. 
  2. Foto selfie/diri. 
  3. Foto NPWP. 
  4. Sambungkan 1 akun e-commerce yang aktif dan ada histori transaksinya. Misalnya, akun Tokopedia, Bukalapak, dll. 

Di Tokopedia, syarat dan cara pengajuan pinjamannya kurang lebih terdiri atas: 

  1. Pengajuan pinjaman online di Tokopedia hanya dapat dilakukan oleh pengguna yang sudah terdaftar di situs atau aplikasi Tokopedia. 
  2. Pengajuan pinjaman dana instan hanya bisa dilakukan melalui aplikasi, sedangkan pengajuan pinjaman online bisa melalui situs Tokopedia. 
  3. KTP, foto diri, identitas pekerjaan, dan kontak darurat adalah dokumen utama yang perlu diunggah ketika mengajukan pinjaman di Tokopedia. 
  4. Pengguna menyetujui dan memberikan wewenang kepada Tokopedia untuk memberikan informasi yang diberikan pada formulir laman Pinjaman Online pada Situs/Aplikasi kepada Mitra Penyedia Pinjaman terkait.
  5. Pengguna menyetujui dan memberikan wewenang kepada Tokopedia untuk memberikan informasi atau data relevan lainnya pada Situs/Aplikasi yang dibutuhkan oleh Mitra Penyedia Pinjaman terkait.
  6. Pengguna menyetujui untuk mengikuti setiap proses selama pengajuan pinjaman sesuai dengan sistem dan prosedur yang ditentukan oleh Tokopedia dan Mitra Penyedia Pinjaman terkait.
  7. Dan syarat ketentuan lain-lain yang tertera dalam laman Tokopedia. 

Sejauh ini, kebutuhan saya buat pinjaman dan dana darurat masih bisa ter-cover oleh Kredivo. Mungkin di lain waktu, kalau butuh jenis pinjaman lain saya bisa coba juga di Tokopedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *