Ini Dia Jenis Nutrisi yang Diperlukan untuk Menaikkan Jumlah Trombosit

Trombosit Menurun Penentu Demam Berdarah?

Saat musim hujan, berbagai macam penyakit seringkali hinggap pada tubuh manusia. Mulai dari sakit pilek, flu, hingga demam berdarah. Penyakit demam berdarah merupakan jenis penyakit yang cukup ditakuti karena bisa membahayakan keselamatan jiwa. Saat terkena demam berdarah tubuh akan menunjukkan gejala berupa turunnya kadar trombosit. Trombosit merupakan salah satu dari tiga komponen darah selain eritrosit (sel darah merah) dan leukosit (sel darah putih). Trombosit terdapat pada limpa dan dalam darah. Trombosit memiliki ciri tidak berwarna dan hanya memiliki siklus hidup selama 10 hari dan akan terus diperbaharui lagi oleh tubuh setiap waktu di sumsum tulang belakang.

Trombosit sangat berperan dalam pembekuan darah dan membuat darah menjadi lengket agar bisa membentuk gumpalan. Pada penyakit demam berdarah trombosit yang turun bisa mengancam keselamatan jiwa dan harus diatasi sesegera mungkin. Mengkonsumsi jambu biji biasanya menjadi salah satu cara meningkatkan trombosit pada demam berdarah. Karena buah yang satu ini mengandung banyak vitamin C yang membantu memperlancar penyerapan zat besi dalam tubuh. Dengan zat besi yang terserap dengan baik akan membuat produksi trombosit kembali berjalan normal.

Tak hanya makanan yang mengandung vitamin C saja, beberapa makanan yang mengandung zat berikut ini juga dipercaya mampu meningkatkan jumlah produksi trombosit, antara lain:

  • Zat besi.

Zat besi sangat berperan dalam pembentukan sel darah merah baru. Hal ini juga turut mempengaruhi naiknya jumlah trombosit dalam tubuh. Zat besi juga sangat diperlukan oleh tubuh agar terhindar dari penyakit kimia. Mengingat pentingnya zat besi untuk kehamilan dan mencegah anemia, Anda bisa mendapatkannya dari makanan, seperti kerang, tahu, bayam, kacang-kacangan, dan daging sapi.

  • Folat.

Folat atau vitamin B9 merupakan nutrisi yang diperlukan tubuh untuk memproduksi sel darah merah dan trombosit. Beberapa makanan yang mengandung folat, seperti kacang-kacangan, jeruk, bayam, buncis, dan hati sapi.

  • Vitamin K.

Vitamin K sangat berperan dalam pembekuan darah. Vitamin K bisa kita temukan pada kedelai, bayam, labu, sawi, dan labu.

  • Vitamin B12.

Vitamin B12 juga berguna untuk menghasilkan trombosit. Anda bisa mendapatkan vitamin B12 dari telur, ikan, daging sapi, sereal gandum, dan susu kedelai.