5 Kelebihan Chromebook Dibandingkan Laptop Biasa

Hasil gambar untuk Chromebook

Apakah kamu pernah mendengar Chromebook? Chromebook adalah laptop unik yang menggunakan Chrome OS. Tentunya kamu tidak akan menemukan sistem operasi Windows atau Mac OS di dalam laptop ini.  Dengan sistem operasi yang dibuat oleh Google ini, perangkat Chromebook dirancang dengan sangat bergantung pada koneksi internet untuk bisa digunakan.

Kamu tidak lagi tergantung pada memori internal laptop saat menggunakan Chromebook. Nantinya kebanyakan dari aplikasi dan dokumen kamu akan tersimpan pada cloud. Dengan harganya yang dibandrol lebih murah dari laptop yang umumnya kamu temukan di pasaran, Chromebook memang awalnya diperuntukan untuk digunakan para pelajar. Namun kini, kamu akan menemukan Chromebook pada beberapa laptop premium untuk para profesional.

Keunggulan laptop Chromebook

Chromebook memiliki banyak keunggulan yang patut kamu perhitungkan. Berikut adalah beberapa keunggulan dari Chromebook yang harus kalian ketahui.

  1. Fitur-fitur yang Spesial

Beberapa fitur spesial tersemat pada Chromebook, salah satunya adalah Google Assistant,  Google Now dan Google Feed. Google Assistant adalah asisten virtual yang merupakan besutan dari Google. Kamu akan bisa mengakses fitur ini lewat tombol khusus yang terdapat pada laptop Chromebook.

Sedangkan Goggle Now dan Google Feed adalah fitur yang akan memberikan informasi kepada kamu perihal berita cuaca dan berita-berita terkini. Untuk kamu yang menggunakan android, Chromebook akan terhubung dengan smartphone kamu. Jadi semua notifikasi di smartphone kamu akan bisa juga kamu lihat di Chromebook.

  1. Tidak Butuh Spesifikasi Laptop yang Tinggi

Karena memang peruntukannya untuk penggunaan online, maka spesifikasi tinggi tidak terlalu diperlukan. Chromebook dengan RAM 2 GB dan prosesor Intel Celeron N2840 sudah cukup mumpuni untuk kegiatan multitasking. Kapasitas memory internal Chromebook juga tidaklah besar. Biasanya kapasitas yang diberikan on board hanya sebesar 16 GB.

Dengan kapasitas memory on board yang terbatas, maka laptop ini dilengkapi dengan slot SD card yang dapat kamu gunakan untuk menambah kapasitas penyimpanan. Selain itu, kamu akan disediakan juga penyimpanan berbasis cloud hingga kapasitas 100 GB di Google Drive. Karenanya Chromebook tidak memerlukan kapasitas memory internal yang besar, kamu bisa menyimpan dokumen kamu di cloud, dan bisa kamu ambil kapan saja.

  1. Harganya yang Lebih Murah

Tentunya dengan terjangkaunya harga Chromebook, laptop ini semakin menarik untuk bisa kamu miliki. Jika dibandingkan dengan laptop berbasis operasi Windows dan Mac OS, harga yang ditawarkan untuk sebuah unit Chromebook terbilang murah. Untuk segmen low end, kamu sudah bisa memiliki Acer Chromebook R11 yang hanya dihargai Rp. 2 jutaan saja.

Acer Chromebook R11 memiliki ukuran layar 11,6 inci dengan prosesor Celeron N3150 dan RAM 2GB. Dengan spesifikasi yang tidak terlalu besar seperti ini saja kamu dapat dengan nyaman melakukan multitasking dalam pekerjaan kamu. Untuk kamu yang berbudget lebih tinggi, kamu bisa mencoba Samsung Chromebook Pro seharga 7 jutaan. Atau Google Pixelbook yang dihargai 13 jutaan.

  1. Baterai yang Lebih Awet

Chromebook dikenal karena ketahanan daya baterainya yang lebih awet di banding laptop biasa. Karena tidak menggunakan spesifikasi yang terlalu berat, rata-rata laptop Chromebook memiliki daya baterai sekitar 9 jam penggunaan. Hal ini sangat berguna bagi kamu yang sering mengerjakan tugas di luar kantor yang tidak selalu tersedia di sekitar kamu.

Tertarik untuk memiliki laptop Chromebook ini? Dengan keunikan dan berbagai keunggulannya, Chromebook bisa menjadi alternative bagi Anda yang membutuhkan laptop baru yang tidak terlalu menguras kantong.